Powered By Blogger

google


iklan

Selasa, 27 Maret 2012

contoh RPP tentang pembelajaran mikroskop

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester II Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Alokasi waktu : 2 X 40’ Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan. Kompetensi Dasar : 5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan. Indikator : A. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat: 1.  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) B. Materi Pembelajaran : Mikroskop dan cara penggunaanya C. Metode Pembelajaran : Model - Direct Instruction (DI) - Cooperative Learning Metode/ - Diskusi kelompok (STAD) - Demonstrasi - Eksperimen - Praktikum D. Langkah-langkah Kegiatan a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit) - Berdoa sebelum membuka pelajaran (Nk religius) - Mengucapkan salam (Nk religius) - Mengecek kehadiran siswa (Nk disiplin) - Mengecek PR Siswa (Nk disipilin) - Guru memberikan refresing kepada siswa dengan mengingatkan hal-hal yang berhubungan dengan materi mikroskop (Nk respect) - Post test (Akademik) . Motivasi dan apersepsi - Bagaimana cara membuat sayatan? - Pernahkah kalian membuat preparat basah? . Prasyarat pengetahuan - Apakah yang dimaksud dengan sayatan? - Bagaimana cara membuat preparat basah? . Pra eksperimen - Berhati-hatilah menggunakan mikroskop. b. Kegiatan Inti (55 menit)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  Menerangkan langkah/tata kerja yang akan dilakukan siswa dalam membuat preparat basah.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.  Perwakilan tiap kelompok mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk membuat awetan basah.  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru  Guru mulai mengawasi experimen yang dilakukan tiap kelompok apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum benar, guru langsung memberikan bimbingan.  Peserta didik mengerjakan lembar kerja yang telah dibagikan.  Peserta didik menggambar hasil pengamatan yang dari preparat irisan membujur daun tumbuhan kembang sepatu.  Siswa mulai merapikan alat-alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;  membantu menyelesaikan masalah;  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. c. Kegiatan Penutup (10 menit) Dalam kegiatan penutup, guru:  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.  Guru memerintahkan peserta didik untuk mempelajari materi pembelajaran berikutnya. Sumber Belajar a. Buku IPA Terpadu Pusat Perbukuan Depdiknas halaman 173-174 b. LKS b. Buku referensi yang relevan c. Alat-alat praktikum 1. Penilaian Hasil Belajar Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal - Mengenal bagian-bagian mikroskop - Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis) Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes identifi-kasi Uji petik kerja prosedur Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop! Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga ditemukan objek yang dimaksud! c. Contoh Instrumen: - Contoh uji petik kerja prosedur Tentukan dan sebutkan bagian-bagian mikroskop. No Aspek Skor 1. Kelengkapan bagian mikroskop yang disebut namanya 1 2 Kebenaran posisi setiap bagian mikroskop yang disebut namanya 2 Skor maksimum 3 - Contoh tes uraian Jelaskan bagaimana cara membuat preparat irisan membujur batang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan