Selasa, 27 Maret 2012
contoh RPP tentang pembelajaran mikroskop
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 2 X 40’
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar : 5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.
Indikator :
A. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran : Mikroskop dan cara penggunaanya
C. Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode/
- Diskusi kelompok (STAD)
- Demonstrasi
- Eksperimen
- Praktikum
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berdoa sebelum membuka pelajaran (Nk religius)
- Mengucapkan salam (Nk religius)
- Mengecek kehadiran siswa (Nk disiplin)
- Mengecek PR Siswa (Nk disipilin)
- Guru memberikan refresing kepada siswa dengan mengingatkan hal-hal yang berhubungan dengan materi mikroskop (Nk respect)
- Post test (Akademik)
. Motivasi dan apersepsi
- Bagaimana cara membuat sayatan?
- Pernahkah kalian membuat preparat basah?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan sayatan?
- Bagaimana cara membuat preparat basah?
. Pra eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan mikroskop.
b. Kegiatan Inti (55 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Menerangkan langkah/tata kerja yang akan dilakukan siswa dalam membuat preparat basah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
Perwakilan tiap kelompok mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk membuat awetan basah.
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru
Guru mulai mengawasi experimen yang dilakukan tiap kelompok apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum benar, guru langsung memberikan bimbingan.
Peserta didik mengerjakan lembar kerja yang telah dibagikan.
Peserta didik menggambar hasil pengamatan yang dari preparat irisan membujur daun tumbuhan kembang sepatu.
Siswa mulai merapikan alat-alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
membantu menyelesaikan masalah;
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Guru memerintahkan peserta didik untuk mempelajari materi pembelajaran berikutnya.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu Pusat Perbukuan Depdiknas halaman 173-174
b. LKS
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat-alat praktikum
1.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
- Mengenal bagian-bagian mikroskop
- Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis) Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja Tes identifi-kasi
Uji petik kerja prosedur Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop!
Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga ditemukan objek yang dimaksud!
c. Contoh Instrumen:
- Contoh uji petik kerja prosedur
Tentukan dan sebutkan bagian-bagian mikroskop.
No Aspek Skor
1. Kelengkapan bagian mikroskop yang disebut namanya 1
2 Kebenaran posisi setiap bagian mikroskop yang disebut namanya 2
Skor maksimum 3
- Contoh tes uraian
Jelaskan bagaimana cara membuat preparat irisan membujur batang.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar